10 Hal Menarik untuk Dilakukan di Sarawak - Islamia Travel

By 22:35 , , ,

Terletak di pulau Kalimantan, Sarawak adalah negara bagian terbesar di Malaysia dan dikenal sebagai "The Land of Hornbills". Dengan padang gurun yang luas dan warisan budaya yang kaya, Sarawak pasti akan menarik bagi buanyak pengunjung. Dari menghadiri festival musik hingga menonton lumba-lumba, berikut adalah 10 hal yang mungkin kamu harus coba di Sarawak ini!

1. Makan10 Hal Menarik untuk Dilakukan di Sarawak - Islamia Travel

Image credits: http://bit.ly/1mgbVkS
Malaysia terkenal dengan beragam hidangan lezat, dan Sarawak adalah rumah bagi banyak hidangan yang akan membuat kamu meneteskan air liur. Makanan lokal yang paling rekomendid adalah Sarawak Laksa, Kolo Mee dan Sarawak Kek Lapis. Untuk tingkat yang lebih ekstrimnya, makanan adat unik seperti Umai (salad ikan mentah) dan Midin goreng (hutan pakis liar lokal) adalah makanan yang kamu pasti harus cari ketika kamu di Sarawak!

2. Caving Brooo

10 Hal Menarik untuk Dilakukan di Sarawak - Islamia Travel
Image credits: http://bit.ly/1kuPWak
Sarawak terkenal sebagai daerah dengan beberapa gua terbesar dan paling spektakuler di dunia, maka tidak mengherankan jika caving adalah kegiatan populer di sini. Taman Nasional Gunung Mulu memiliki salah satu jaringan gua terpanjang di dunia, dan Sarawak Chamber di taman ini adalah ruang bawah tanah terbesar di dunia. Berbagai atraksi utama termasuk Clearwater Gua dan Gua Rusa, yang merupakan rumah bagi banyak spesies kelelawar dan makhluk lainnya. Ini semua wajib dicatet dalam daftar kunjungan kamu!

3. Trekking Hutan dan Naik Gunung


Image credits: http://bit.ly/1t21W8p
Bako National Park adalah taman tertua di Sarawak, menawarkan keragaman pemandangan alam dan satwa liar bagi pengunjung. Berjalan kaki sepanjang jalan di taman itu keren banget men.

Jangan lupa untuk mengunjungi Taman Nasional Gunung Gading, dan ambil kesempatan untuk melihat Rafflesia yang jadi bunga terbesar (dan terbau) di dunia yang selain ada di Bengkulu, ternyata juga ada di sini. Tempat-tempat lain untuk dikunjungi termasuk Taman Nasional Kubah, yang merupakan rumah bagi batu pasir besar dengan tiga puncak gunung yang dapat kamu daki, dan Gunung Santubong, yang keren banget buat didaki juga menantang!

Perlu diingat bahwa ada banyak taman nasional yang indah lainnya di Sarawak selain yang disebutkan di sini - pecinta alam tidak akan pernah kehabisan hal untuk dilakukan di sini.

4. Ngunjungi Desa Lokal

Sarawak
Image credits: http://bit.ly/1jwHJqO
Warisan budaya Sarawak yang kaya akan memikat kamu, dan ini tempat yang harus kamu kunjungi adalah Desa Budaya Sarawak, yang juga dikenal sebagai "Living Museum". Kehidupan sehari-hari suku setempat adalah hal yang menarik banget dan kamu bisa menonton demonstrasi tentang bagaimana mereka hidup, bekerja, dan masak di rumah panjang.
Budaya lokal lainnya yang layak masuk ke jadwal kunjungan kamu adalah rumah panjang Annah Rais dan Bidayuh, Museum Kucing Kuching  (ya, itu adalah sebuah museum tentang kucing!), Sarawak Museum, dan Benteng Margherita (sebuah benteng yang dibangun dalam gaya kastil Inggris ).

5. Festival Musik

10 Hal Menarik untuk Dilakukan di Sarawak - Islamia Travel
Image credits: http://bit.ly/1rpUSlI
Sarawak menjadi tuan rumah bagi Rainforest Music Festival, acara musik dunia utama di kawasan itu. Festival musik ini berlangsung di Kuching, dan menarik lebih dari 20.000 penggemar musik setiap tahun. Dunia musik dirayakan di festival tiga hari ini, dan berbagai lokakarya musik dan penampilan budaya juga akan menjadi bagian dari acara tersebut, sehingga sangat layak buat didatengin!

Festival musik lain yang layak dikunjungi adalah Jazz Borneo di Miri menjadi - jelas, ini adalah festival musik jazz, dan banyak artis jazz internasional akan manggung di sini. Gak boleh ketinggalan jika kamu adalah seorang penggemar jazz!

6. Ngeliat Penyu

10 Hal Menarik untuk Dilakukan di Sarawak - Taman Nasional Talang-Satang - Islamia Travel
Image credits: Borneo Adventure
Menonton telur penyu menetas dan menyaksikan tukik yang dilepas ke laut di Taman Nasional Talang-Satang, taman nasional laut Sarawak pertama. Didirikan dengan tujuan utama melestarikan populasi penyu laut lokal, taman nasional meliputi empat "Kepulauan Penyu" dan akan menjadi tujuan wisata yang unik untuk dikunjungi!

7. Nonton lumba-lumba

10 Hal Menarik untuk Dilakukan di Sarawak - Islamia Travel
Image credits: http://bit.ly/1jwLe0w
Hai pecinta laut, kegiatan ini pas banget buat kamu! Pesut yang keberadaannya kian terancam punah dapat ditemukan di sepanjang garis pantai Sarawak, dan berbagai operator tur memiliki kapal pesiar yang bisa digunakan untuk melihat lumba-lumba yang lagi beraksi. Spesies lain dari lumba-lumba di daerah ini mencakup lumba-lumba Humpback Indo-Pasifik dan lumba-lumba hidung botol- lihat apakah kamu bisa melihat mereka semua pada kunjungan Anda ke Sarawak!

8. Mengunjungi pertanian dan pusat konservasi

Satwa liar Sarawak beragam dan melimpah, dan selain taman nasional, ada berbagai sentra peternakan dan di mana kamu bisa dekat dengan binatang. Di Matang Wildlife Centre (iya bener, namanya Matang), kamu akan dapat melihat satwa liar yang terancam punah di daerah hutan hujan besar yang tertutup, dengan daya tarik utama yaitu Orang Utan.
10 Hal Menarik untuk Dilakukan di Sarawak - Islamia Travel
Image credits: http://bit.ly/1mgpUY0
Rehabilitasi satwa liar juga terjadi di Semenggoh Wildlife Rehabilitation Centre, dan itu akan menjadi kesempatan sekali dalam seumur hidup untuk melihat berbagai jenis binatang liar dari jarak dekat! Jika Anda merasa berani, Anda juga dapat mengunjungi Jong Crocodile Farm, tempat penangkaran buaya terbesar di Malaysia.

9. Naik "Kapal Pesiar" dan longboats

10 Hal Menarik untuk Dilakukan di Sarawak - Islamia Travel
Image credits: http://bit.ly/1mgrOrD
Nikmati keindahan sungai Sarawak dengan kapal pesiar sungai mereka, di mana kamu akan dapat menikmati beberapa jam santai, makan dan minum sambil mendengarkan komentar langsung dari sang empunya kapal pesiar. Untuk perjalanan lebih berani yang menuruni sungai, longboat juga tersedia. Untuk mendapatkan pengalaman yang paling mendalam, gunakan longboat sebagai transportasi Anda ketika mengunjungi rumah panjang!

10. Eksplorasi Pasar Lokal

10 Hal Menarik untuk Dilakukan di Sarawak - Islamia Travel
Image credits: http://bit.ly/1mgbVkS
plan your trip to the “Land of Hornbills”!

Pasar lokal adalah tempat terbaik bagi Anda untuk membeli souvenir - kerajinan suku seperti ukiran kayu dan kerajinan manik-manik akan menjadi hadiah besar untuk keluarga dan teman-teman, dan orang-orang di pedesaan juga akan menjual produk lokal, mulai dari madu liar sampai apel air! Satok Weekend Market adalah pasar terbuka terbesar di Kuching, dan barang-barang unik lainnya Anda harus cari di sini termasuk Sago Worms dan Sibu Zaitun (juga disebut Dabai).

Dengan keragaman kegiatan, Sarawak pasti akan menjadi tujuan wisata yang sangat menarik untuk semua orang - ayo cepat rencanakan perjalanan ke "Tanah Rangkong"!

http://magazine.tripzilla.com/things-to-do-sarawak/8929

You Might Also Like

1 komentar

  1. Perknalkan nama...Saya muhammad asep yang kemarin OM brikan Nomer 3D,Saya asal dari medan.Kerja jadi Tkw Di Jeddah, mau mengucapkan banyak trimakasih kpd OM AGUS sdh membantu kami melalui angka KL 3D keluaran 130 allahamdulillah benar-benar meledak akhirnya dapat BLT Rp.96jt, sesuai niat kami kemarin OM, klo sdh tembus, kami mau pulan kampung buka usaha & berhenti jadi tkw, kapok om dpt siksaan trus dari madam,sekali lagi trimakasih byk OM saya tdk bakal lupa seumur hidup saya atas batuan & budi baik om terhadap kami. Bagi teman2 tki & tkw yg lagi kesusahan/ingin pulang kampung tdk ada ongkos, dan keadaannya sdh kepepet, sdh tdk ada jalan lain lg.kami temukan solusi yg tepat akuratt & trpercaya banyak yg akui ke ahliannya di internet/facebook dengan jaminan tdk bakalan kecewa,jelas trasa bedahnya dengan peramal yang lain, OM AGUS sdh membantu puluhan tki & tkw termasuk kami yg dibrikan motipasi sangat besar,demi allah ini kisah nyata kami yg tak terlupakan dalam hidup kami om sekali lagi trimakasih byk sdh membantu kami. Jika anda merasa sulit menang LOTTERY/TOTO dll. silahkan join dengan OM AGUS siapa cepat dia dapat, TERBATASI penerimaan member...!!!wajib hanya 5 member bisa diterimah dlm 1x putaran. Langsung call OM AGUS Di +6285397766615

    ReplyDelete