Paket Tour Wisata Dieng + Rafting

By 21:31 ,



Paket Tour Wisata Dieng + Rafting


Desired Learning Outcomes:
  1. Meningkatnya keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME
  2. Meningkatnya kecintaan dan wawasan budaya lokal
  3. Meningkatnya kepekaan sosial dan kemampuan memberdayakan masyarakat

Deskripsi Singkat

Desa Wisata Dieng Kulon, desa di Kec. Batur, Kab. Banjarnegara. Dengan luas sekitar 337.846Ha, landscape dominan perbukitan yang sebelumnya merupakan kawasan konservasi namun kini sebagian sudah disulap sebagai kebun kentang. 163.603 ha untuk areal pertanian dan area hutan lindung 186.9 Ha. Desa Dieng Kulon berada di ketinggian 2093 mpdl, sekitar 55 km menuju kota Banjarnegara.

Lokasinya yang sangat strategis karena sangat dekat dengan objek – objek “utama” yang masuk dalam zona satu dalam peta zonasi wisata Dataran Tinggi Dieng, juga sudah tersedia sarana penunjang seperti Home Stay, kios souvenir, parkir, sarana informasi, dan sebagainya.

Desa Wisata Dieng Kulon Kecamatan Batur meraih juara 1 desa wisata tingkat nasional tahun 2014.

Aktivitas Seru:

  1. Wisata Sejarah Komplek Candi Arjuna Dan Situs Purbakala Dieng
  2. Wisata Edukasi Dieng Plateau Theater Dan Musium Kailasa 
  3. Wisata Trekking Golden Sunrise Bukit Sikunir
  4. Wisata Petualang Arung Jeram Serayu 
  5. Wisata Agro Petik Buah Carica Dieng
  6. Wisata Batik Kayu Dieng
  7. Wisata Seni Khas Belajar Gamelan dan Karawitan
  8. Wisata Atraksi Seni Tradisional Tari Topeng 
  9. Wisata Kuliner Home Industri Carica Dieng
  10. Wisata Alam Camping Ground Dieng 
  11. Wisata Ternak Domba Dieng
  12. Wisata Budaya Anak Berambut Gembel 
  13. Wisata Out Bond , Fun Game
  14. Wisata Field Trip Dan Geothermal Dieng 
  15. Wisata Hiking Lembah Semurup Dieng
  16. Wisata Adventure dan Camp Gunung Prau
  17. Wisata Alam Kawah Sikidang Dan Telaga Warna Dieng 

Objek- objek wisata yang menjadi daya tarik wisatawan:

1. Telaga Bale Kambang. Merupakan wisata alam yang ada di Dieng Kulon. Objek wisata ini tengah dalam proses penyempurnaan untuk dikembangkan sebagai objek wisata Tirta / Air yang dapat menambah wisata lainnya yang ada di Dieng Kulon.

2. Kompleks Candi. Dieng dapat terkenal salah satunya karena objek wisata candi yang ada sejak jaman kerajaan hindu terdahulu. Objek wisata Candi Dieng merupakan objek wisata Candi di Propinsi Jawa Tengah yang banyak dikunjungi wisatawan setelah Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Candi Dieng terdiri dari Kompleks Candi Arjuna, Candi Dwarawati, Candi Gatotkaca, serta Candi Bima. Letak candi- candi tersebut cukup berdekatan satu sama lain, yang saat ini dikelola dengan baik oleh Dinas Purbakala Jawa Tengah dan sudah dikenal sebagai objek wisata Budaya.

3. Kawah Sikidang. Merupakan objek solfator (Belerang) yang ada di kawasan Dieng. Daya tarik utama objek wisata kawah ini adalah karena lokasi kawahnya dapat berpindah – pindah (Meloncat) keaktifannya seperti kijang, sehingga diberi nama Kawah Sikidang.

4. Gasiran Aswotomo. Merupakan objek wisata alam yang ada sejak dahulu, yang berupa lubang / sumur dengan kedalaman yang berbeda- beda setiap lubangnya. Komplek ini berada di area candi, dan dekat dengan jalan raya yang menuju ke arah museum kaylasa.

5. Sendang Sedayu dan sendang Maerokoco. Tempat ini berada di sebelah utara komplek candi Arjuna, dan saat ini dipercaya dan digunakan untuk menjamas / memandikan anak yang memiliki rambut Gembel menjelang upacara / Ritual Pencukuran Rambut Gembel.

6. Telaga Semurup. Tempat ini berada di pegunungan dieng yang berbatasan dengan desa karang tengah dan bakal. Wisata alam ini sering di manfaatkan oleh wisatawan dan pengelola untuk perkemahan.

7. Agrowisata & Living Culture Masyarakat Dieng
Wisata ini merupakan suatu wisata budaya dimana akivitas serta kebiasaan dan adat istiadat masyarakat Dieng menjadi komoditas wisata yang menarik untuk dikembangkan. Wisata ini menjadi salah satu focus pengembangan masyarakat Dieng agar wisatawan tertarik untuk tinggal lebih lama di daerah wisata Dieng.


8. Pentas Budaya Ruwatan Rambut Gembel ( Dieng Culture Festival )
Prosesi/ Ritual budaya khas Dieng yang biasanya dilaksanakan pada periode tertentu sesuai dengan kemampuan ekonomi masingmasing keluarga yang memiliki anak dengan rambut gembel. Dari tahun 2008 hingga sekarang, kelompok sadar wisata (POKDARWIS) Dieng Pandawa telah menjadikan ritual ini sebagai acara Budaya tahunan yang masuk dalam program kerja POKDARWIS, yang biasanya di laksanakan pada bulan juli setiap tahunnya. Acara Budaya ini ditandai dengan pemotongan rambut “Gembel” dan di sertai dengan pentas seni tradisional Dieng.

9. Batik Kayu Dewa. Batik kayu merupakan salah satu kerajinan khas Dieng yang mempunyai keunikan yaitu media pembatikannya menggunakan kayu asli Dieng, seperti kayu Cemeti, Pringgondani, Tengsek, dan lain- lain.
Miniatur Candi Dieng. Miniatur Candi ini dibuat oleh masyarakat Dieng, dengan menggunakan dua macam bahan yaitu Gibsum dan kayu. Miniatur candi yang dibentuk adalah miniature candi yang ada di Dieng.

10. Wisata Kuliner khas Dieng. Dieng memiliki berbagai makanan khas, seperti purwaceng, keripik kentang, manisan Carika, Selai Carika, Grobi kentang, dan sebagainya. Pembuatan makanan khas Dieng menjadi salah satu paket wisata yang menjadi favorit para wisatawan karena selain dapat menikmati kuliner khas Dieng, para wisatawan juga dapat praktek cara pembuatan makanan tersebut.


11. Wisata Adventure. Merupakan kegiatan kreatifitas pemuda yang setelah mendapatkan fasilitasi PNPM Pariwisata berupa alat Flying fox menjadi daya tarik tersendiri khususnya bagi wisatawan yang mempunyai keberanian.


Paket Sudah Termasuk:


  1. Tour Guide dan trainer berpengalaman
  2. AC Transportation with TV/Audio, Seatbelt
  3. Sopir profesional dan BBM
  4. Makan utama
  5. Snack
  6. Buku pedoman
  7. Dokumentasi oleh JSTV
  8. Refleksi dan pemaknaan Islami.
Slideshow


Sungai Serayu Rafting - Wisata Dieng - Islamia Travel Candi Arjuna - Wisata Dieng, Jawa Tengah - Islamia Travel Dieng Plateau Area - Wisata Dieng, Jawa Tengah - Islamia Travel Segara - Wisata Dieng, Jawa Tengah - Islamia Travel Candi Arjuna - Wisata Dieng, Jawa Tengah - Islamia Travel





terima kasih dan semoga sukses kepada:
http://www.desawisatadieng.com/p/profil-desa-wisata-dieng-kulon.html
http://www.diengindonesia.com/2013/10/paket-desa-wisata-dieng-kulon.html

You Might Also Like

0 komentar