Sunan Muria dan Mata Air Tiga Rasa

By 13:13

Sunan Muria adalah seorang yang sangat berjasa bagi Ummat Islam di Indonesia. Beliau adalah putera Sunan Kalijaga dengan Dewi Saroh. Nama aslinya Raden Umar Said. Seperti ayahnya, dalam berdakwah beliau menggunakan cara halus, ibarat mengambil ikan tidak sampai mengeruhkan airnya. Itulah cara yang ditempuh untuk menyiarkan agama Islam di sekitar Gunung Muria. Beliau lah satu-satunya wali yang tetap mempertahankan kesenian gamelan dan wayang sebagai alat dakwah untuk menyampaikan Islam. Dan beliau pula yang menciptakan tembang Sinom dan Kinanti.

Beliau bertempat tinggal di dataran tinggi. Beliau sering naik turun gunung dari rumahnya menuju objek dakwahnya, nelayan, petani, dan masyarakat umum. Makam beliau pun berada di tempat yang tinggi pula, Gunung Muria. Dengan mendatangi makamnya, kita akan mengerti betapa besar perjuangan pendahulu kita untuk menyebarkan sebuah kenikmatan yang sangat luar biasa, nikmat Islam. Nikmat terbesar yang kita miliki saat ini.
Makam Sunan Muria berada di ketinggian 1.602 meter dari permukaan laut. atau di tempuh dengan jalan kaki dengan naik anak tangga sejauh kurang lebih 1,5 km. Menyusuri jalan menuju makam, kita akan ditemani oleh pemandangan alam yang luar biasa. MasyaaAllah..

Lebih dari itu, ada murid Sunan Muria yang bernama Syekh Sadzali, bersemayam di tempat yang lebih sulit dijangkau. Sebuah tempat yang biasa disebut Rejenu. Kawasan ini boleh dikatakan belum tersentuh ”tangan” pembangunan yang menyediakan fasilitas kemudahan. Masih alami. Listrikpun belum tersedia. Walau sekarang jalan menuju tempat tersebut telah diperlebar dan dilapisi beton sehingga banyak tersedia jasa ojek (melalui rute desa Japan). Sedangkan bila melalui Air terjun Montel masih harus melewati jalan setapak. (Endah, 2009)



Di Kompleks Makam Syekh Sadzali terdapat tiga buah mata air yang sangat unik. Ketiga air memiliki rasa seperti Sprite. Namun ketajaman rasa satu sama lain berbeda. Air ini dipercaya mempunyai banyak khasiat, seperti meningkatkan ketenangan, kepercayaan diri, menyembuhkan penyakit, dst. Namun, belum ada penelitian klinis tentang hal ini.



Mata air tiga rasa ini akan berujung pada Air Terjun Montel yang ada di dekat Makam Sunan Muria.


Obyek lainnya
Selain itu, ternyata masih ada beberapa objek lain yang berdekatan dengan makam Syeh Sadzli dan Air Tiga Rasa ini. Objek-objek itu antara lain:

  1. Air terjun. Cukup tinggi, tak kalah dengan air terjun Montel di Colo. Namun, jalan ke arah sana baru jalan setapak atau lewat aliran Sungai Rejenu.
  2. Gua Jepang.
  3. Makam Syeh Subakir dan Ali Murtadho. Di sebelah atas melalui jalan setapak yang terjal.
  4. Sendang Anglingdarmo. Selain itu, Rejenu (Makan Syeh Sadzli dan Air Tiga Rasa) merupakan pos pendakian terakhir bagi yang ingin mendaki ke Puncak Argowiloso maupun Argojembangan. Dua diantara beberapa puncak tertinggi Gunung Muria
Fasilitas yang tersedia

  1. Ojek, bagi yang malas berjalan kaki
  2. Warung makan yang buka 24 jam
  3. Kamar penginapan sederhana di setiap warung
  4. Musala
  5. Kamar mandi
Bagi yang menyukai camping bisa memanfaatkan area di sekitar objek ini untuk mendirikan tenda.
                                   
                                       
Oleh oleh kas dari gunung muria adalah ganyong, gembili, pisang, jeruk bali, buah delima, alpukat dan yang biasa di cari ibu ibu yang baru nyidam adalah parijoto. Parijoto sendiri adalah sejenis biji bijian yang tumbuh di area pegunungan muria jika ada wanita yang baru ngidam jika di beri rujak yang terbuat dari parijoto insya allah jika anaknya lahir kelak akan bagus jika laki laki dan cantik  jika perempuan, yang di maksud bagus atau cantik disini bukan fisiknya melainikan akhlaknya dan budi pekertinya.

                                                            
Buah Parijoto

Anda mau berwisata ke tempat ini dengan full syariah, harga murah, fasilitas lengkap, dan pemaknaan yang Islami?
Islamia Tour siap menemani Anda. Silakan langsung klik web resmi kami Islamiatour.wix.com/home 

referensi: 
http://agusbarubelajaryahoo.blogspot.com/2012/03/ziarah-makam-sunan-muria.html
http://alamendah.org/2009/05/14/air-tiga-rasa-di-rejenu/

You Might Also Like

0 komentar